Resep Cara Membuat Ketupat Sederhana dan Enak

Ketupat memang menjadi salah satu makanan wajib saat lebaran, dan banyak orang yang berlomba-lomba untuk membuat ketupat dan menghidangkannya untuk sanak keluarga yang berkunjung ke rumah. Ketupat sendiri biasanya dimakan bersama soto, opor ayam, sayur lodeh pedas, maupun bersama makanan berkuah lainnya. Banyak orang memilih untuk membeli ketupat yang siap saji agar tidak repot membuatnya, selain itu banyak juga yang menganggap membuat ketupat itu sangat sulit, padahal untuk anda ketahui membuat ketupat tidaklah sesulit yang anda bayangkan, asalkan anda mengetahui cara membuat ketupat yang benar.

Biasanya yang dikeluhkan oleh banyak orang ketika membuat ketupat adalah waktu yang lama dan hasilnya biasanya tidak sesuai keinginan, seperti ketupat yang kurang lama serta ketupat biasanya menjadi sangat keras atau kadang juga hasilnya sangat lembek.

Agar anda bisa mendapatkan ketupat yang enak dan sesuai dengan apa yang anda inginkan, berikut ada cara membuat ketupat yang benar yaitu:
1. Cara membuat ketupat agar hasil ketupat tidak lembek atau keras yang pertama ialah anda cuci dan rendam beras selama 30 menit lalu tiriskan.

2. Selain itu anda juga harus merebus janur atau daun kelapa yang akan anda gunakan untuk membuat ketupat selama 1 jam ini agar janur tidak patah ketika anda gunakan. Setelah itu anda buat anyaman dari janur untuk pembungkus ketupat, selain membuatnya sendiri pembungkus ketupat juga bisa anda dapatkan mudah dengan membeli kepada pedagang yang biasanya menjual bungkus ketupat saat menjelang lebaran.

3. Untuk mengisi bungkus ketupat sebaiknya bila anda menggunakan beras yang pulen anda mengisinya tidak perlu terlalu penuh cukup ½ nya saja, sedangkan bila berasnya pera isi dengan 1/3 beras.

4. Proses pemasakan juga menentukan hasil dari ketupat yang anda buat, agar hasil ketupat bisa padat terisi sebaiknya anda didihkan air untuk merebus ketupat terlebih dahulu. anda juga bisa memasukkan sedikit garam agar ketupat bisa  gurih dan anda juga bisa menambahkan kapur sirih agar ketupat bisa lebih kenyal. Masukkan seluruh ketupat ke dalam rebusan, pastikan agar ketupat bisa terendam seluruhnya, ini agar seluruh bagiannya bisa matang sempurna.

5. Masak ketupat selama 4-5 jam, dan bila air rebusan habis sebelum ketupat matang anda bisa menambahkan air yang mendidih secukupnya lalu setelah tidak ada butiran dalam ketupat atau ketupat sudah benar-benar matang angkat.

6. Celupkan ketupat di air yang mendidih sebentar, kemudian anda siram dengan air setelah itu gantung ketupat agar kering dan tidak ada air di dalamnya, karena ketupat yang menyimpan air di bagian dalamnya akan membuat ketupat menjadi cepat basi.

7. Bila anda membuat ketupat dalam jumlah yang banyak dan tidak langsung habis, anda bisa menyimpannya di lemari es dengan cara membungkusnya dengan plastic, ini agar kulit pembungkus ketupat tidak kering dan ketupat yang disimpan dalam lemari es biasanya bisa tahan 4-7 hari, dan bila anda ingin mengkonsumsinya kembali sebaiknya anda kukus dan jangan direbus.

Itulah cara membuat ketupat yang benar dan hasilnya tidak keras atau lembek, semoga bermanfaat untuk anda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel